Mahasiswa Tadris Kimia Menjadi Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia

Mahasiswa Tadris Kimia Menjadi Finalis Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia

Adanya peningkatan perkembangan sistem digital, konektivitas, kecerdasan artifisial dan virtual adalah tanda-tanda memasuki era society 5.0. Era society 5.0 ini memanfaatkan ilmu pengetahuan berbasis modern untuk membantu kehidupan manusia. Bersamaan dengan itu, penyebarluasan pandemi Covid-19 menyebabkan berbagai sektor kehidupan terganggu. Mau tidak mau kita harus memaksimalkan perkembangan era ini dengan cara memanfaatkan media digital untuk melakukan berbagai kegiatan.

Pemanfaatan media digital akan sangat dibutuhkan saat masa pandemi ini, agar sektor kehidupan berjalan sebagaimana mestinya. Dari sektor pendidikan, dikarenakan peserta didik belajar dari rumah, maka diperlukan media pembelajaran yang sesuai dengan situasi pandemi saat ini. Melihat situasi yang demikian, mahasiswa Tadris Kimia sudah seharusnya mempunyai ide untuk mengatasi masalah-masalah dibidang pendidikan.  

Ide-ide kreatif mahasiswa ini tak hanya bertujuan untuk mengatasi masalah pada sektor pendidikan, tapi juga dapat dilombakan. Jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar mengutus satu kelompok delegasi untuk mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dengan tema “Peran Generasi Milenial dalam Mengembangkan Ilmu Kimia pada Era Society 5.0”. Lomba ini diikuti oleh 58 orang peserta dari berbagai Universitas, Jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar lulus tahap awal dengan peringkat  ke-11 dari nilai tertinggi dan menjadi finalis pada lomba tersebut.

Kelompok delegasi dari Jurusan Tadris Kimia IAIN Batusangkar diketuai oleh Indah Cahyani, dengan anggota Ifanora Natalia dan Latifa Khairani.  Dalam kegiatan ini kelompok delegasi mengangkat judul “Pengembangan Vlog Berbasis STEM sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi 5.0 Ditengah Masa Pandemi Covid-19”.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar