DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR

WE HAVE ....

facilities and infrastructure to support and to improve our Departement.

4

QUALIFIED BUILDINGS

18

QUALIFIED GRADUATES

80

STUDENTS

25

ACHIEVEMENTS

7

CHEMISTRY LABORATORIES

2

EDUCATION LABORATORIES

2

IT LABORATORIES

3

SPORTS FIELD

  • Visi, Misi dan Sejarah

    Visi:
    Bereputasi Global dalam Bidang Pendidikan Kimia yang Terintegrasi dalam Nilai Keislaman Berbasis Riset dan Kearifan Lokal Pada Tahun 2035.

    Misi:

    1. Menyiapkan lulusan yang berkualitas dan menguasai konsep-konsep pendidikan kimia
    2. Menyiapkan lulusan yang berahklak mulia serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris
    3. Mengembangkan pendidikan dan pengajaran kimia yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman
    4. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan kimia yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kesejahteraam masyarakat.
    5. Mengembangkan pengabdian masyarakat melalui kegiatan ilmiah.
    6. Menjalin kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka meningkatkan kompetensi lulusan melalui peningkatan keterampilan pengetahuan laboratorium kimia, pemberdayaan media dan teknologi informasi.
    Tujuan:
    1. Menghasilkan lulusan berkualitas yang mampu menguasai konsep-konsep pendidikan kimia.
    2. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia serta mampu berkomunikasi dalam bahasa Arab dan Inggris. 
    3. Terwujudnya pendidikan dan pengajaran kimia yang terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman. 
    4. Terwujudnya penelitian dalam bidang pendidikan kimia yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan,  teknologi dan kesejahteraan masyarakat. 
    5. Terwujudnya pengabdian masyarakat melalui kegiatan ilmiah. 
    6. Terjalinnya kerjasama dengan instansi terkait untuk meningkatkan kompetensi lulusan melalui peningkatan keterampilan pengetahuan. 
    Sejarah
    Berdasarkan Keputusan Presiden  Nomor 11 tahun 1997 tertanggal 21 Maret 1997 dan Keputusan Menteri Agama RI No.285 tahun 1997 tanggal 1 Juli 1997. Maka Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol Padang di Batausangkar secara resmi beralih status menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mahmud Yunus Batusangkar (disebut dengan STAIN Batusangkar).
    Pada periode ini terdapat dua jurusan yaitu Jurusan Tarbiyah dan Syari’ah. Jurusan Tarbiyah memiliki sembilan program Studi yaitu Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Kependidikan Islam (KI). ). Pada tahun 1998 dibuka Jurusan Syariah dengan Program Studi Ahwal al-Syakhshiyah (Hukum Perdata Islam), Tahun 2000 dibuka Program Studi Muamalah (Ekonomi Islam Konsentrasi Perbankan Syariah) dan Tadris Bahasa Inggris, tahun 2005 dibuka Program Studi Tadris Matematika dan Program Studi Manajemen Informatika (D3). Pada tahun 2012 dibuka Program Studi Tadris Fisika dan Tadris Biologi. Selanjutnya tahun 2014 dibuka program studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA). Beberapa bulan sebelum alih status dari  STAIN menjadi  IAIN yang ditandai dengan keluarnya PERPRES Nomor 147 Tahun 2015 diundangkan tanggal 28 Desember 2015 tentang alih status STAIN menjadi IAIN Batusangkar., dibuka lagi program studi Tadris Kimia berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 5138 Tahun 2015 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Tadris Kimia Pada Program Sarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar Tahun 2015. 
  • 0 Comments:

    Posting Komentar